Basarnas Cilacap minta pendaki gunung lihat keselamatan-keamanan

author
1 minute, 24 seconds Read

videoreviews.org – Basarnas Cilacap menghimbau beberapa pendaki gunung terutama Gunung Slamet, Jawa tengah, supaya selalu memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan.

Kepala Basarnas Cilacap M Abdullah, di Cilacap, Selasa malam, menginginkan beberapa pendaki untuk memperhatikan anjuran itu supaya peristiwa pendaki yang salah jalan di Gunung Slamet tidak terulang kembali.

“Siapkan dengan masak semua kepentingan untuk menaiki,” ucapnya memperjelas.

Selanjutnya, ia menjelaskan faksinya pada Senin (7/10) terima informasi dari Pusat Pengaturan Operasi (Pusdalops) Tubuh Pengendalian Musibah Wilayah (BPBD) Kabupaten Purbalingga jika ada seorang pendaki yang diberitakan lenyap di Gunung Slamet.

Menurutnya, pendaki yang diketahui namanya Naomi Daviola Setyanie (17), masyarakat Jalan Kauman Baru Block B-1, Semarang, pergi menaiki Gunung Slamet bersama kelompok yang sejumlah 40 orang lewat Pos Pendakian Bambangan, Kabupaten Purbalingga, pada Sabtu (5/10) jam 23.00 WIB.

Sesudah usai lakukan pendakian, katanya, kelompok pendaki itu kembali lagi ke Pos Bambangan pada Minggu (6/10) jam 21.24 WIB.

“Namun pada Senin (7/10), ketua kelompok memberikan laporan bila salah seorang pendaki, yaitu Naomi Daviola Setyanie rupanya belum kembali,” ucapnya.

Berkaitan dengan informasi dari Pusdalops BPBD Kabupaten Purbalingga berkenaan pendaki yang lenyap di Gunung Slamet, ia menjelaskan faksinya memberangkatkan team penolong dari Basarnas Cilacap dan Unit Waspada SAR (USS) Banyumas ke lokasi peristiwa untuk cari kehadiran pendaki yang disampaikan lenyap di Gunung Slamet.

Sesudah dilaksanakan penelusuran oleh team SAR kombinasi, katanya, Naomi pada akhirnya bisa diketemukan pada keadaan selamat pada Selasa (8/10) jam 10.15 WIB.

“Naomi diketemukan sekitaran 350 mtr. heading 120 derajat dari Pos 7 pada koordinat 7,14 derajat lintang selatan dan -109,13 bujur timur,” ucapnya menerangkan.

Dia menjelaskan Naomi seterusnya diselamatkan oleh team SAR kombinasi ke arah Pos Pendakian Bambangan di Dusun Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga.

Sesudah datang di Pos Pendakian Bambangan pada jam 15.00 WIB, katanya, Naomi dibawa langsung ke Puskesmas Karangreja untuk memperoleh pengatasan selanjutnya.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *